Jumat, 24 November 2017
 
  Berita Taruna Bumi Khatulistiwa
umum
casis
alumni
Informasi visitor
Jml.Online : 199377
IP address : 54.198.108.19
 
SMA TARUNA BUMI KHATULISTIWA SEKOLAH DENGAN FASILITAS BERASRAMA
Panitia Penerimaan Casis | 03 April 2009

Dewasa ini, hampir setiap orang tua memiliki rasa kekhawatiran yang cukup tinggi terhadap perkembangan pergaulan dari anak-anaknya. Khususnya bagi mereka yang mempunyai anak pada usia remaja. Dimana pada usia ini, anak-anak rentan dalam banyak hal tentang perubahan, baik perubahan dalam diri anak itu sendiri maupun perubahan yang muncul sebagai akibat dari lingkungan pergaulan sekitarnya. Menyikapi dari pola pergaulan para remaja dewasa ini, SMA TARUNA BUMI KHATULISTIWA telah menyiapkan pola yang telah dirintis 14 tahun yang lalu. Para pengurus baik Yayasan Adijanto maupun sekolah SMA Taruna Bumi Khatulistiwa menerapkan sistem sekolah berasrama, yang dimaksudkan memudahkan pengawasan terhadap anak-anak didik dan mempermudah proses belajar mengajar. Dengan sistem sekolah berasrama, para siswa-siswi akan dilatih kemandirian dan kedisiplinan sehingga merupakan sarana untuk membangun kerpibadian (Character Building) yang baik bagi anak-anak yang dalam proses pencarian jati dirinya.
Dengan pola sekolah berasrama yang telah dirintis selama ini, para orang tua tidak perlu lagi was-was ataupun khawatir, karena selama 24 jam penuh siswa-siswi selalu dalam pengawasan yang baik. Artinya, bila terjadi suatu perubahan pola sikap yang menyimpang, dapat dipastikan akan segera ditangani dengan baik oleh pihak sekolah dan kepala asrama. Dengan fasilitas sepuluh graha siswa yang telah disediakan, dan diasuh oleh seorang kepala asrama yang ahli dalam bidangnya, para siswa-siswi SMA TARUNA BUMI KHATULISTIWA akan selalu dalam pantauannya.

JADWAL KEGIATAN SISWA-SISWI DI SEKOLAH.
Selama proses belajar mengajar, dari jam 07.00, hingga 13.30 siswa-siswi dalam pantauan para dewan guru. Setelah selesai waktu belajar, siswa-siswi diserahkan dari dewan guru ke pihak asrama, dalam hal ini kepala asrama. Dari waktu makan siang hingga belajar malam, siswa dalam pantauan kepala asrama. Belajar malam dari jam 19.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kembali siswa-siswi diserahkan kepada para dewan guru untuk melakukan proses belajar mandiri malam hari. Selepas belajar mandiri, siswa kembali diserahkan kepada kepala asrama untuk menjalani ibadah malam dan kemudian dilanjutkan dengan istirahat hingga esok hari pukul 05.00 WIB. Setelah istirahat malam, mulai dari jam 05.00 WIB pagi siswa-siswi melakukan kegiatan pra sekolah, termasuk didalamnya adalah olahraga pagi. Dalam kegiatan ini siswa-siswi dalam pantauan kepala asrama dan guru olahraga hingga waktu makan pagi. Selesai makan pagi siswa-siswi kembali diserahkan oleh kepala asrama kepada pihak sekolah (dewan guru) untuk menjalani proses kegiatan belajar mengajar. Seperti itulah, sekilas kegiatan para siswa-siswi SMA TARUNA BUMI KHATULISTIWA. Dengan jadwal waktu yang disusun sedemikian padat dan teratur, diharapkan tidak akan terjadi penyimpangan dalam pergaulan setiap harinya.

FASILITAS LAIN
Selain sepuluh graha yang digunakan sebagai tempat tinggal siswa-siswi, pada tahun 2008, Yayasan sedang membangun sebuah graha baru khusus untuk siswa putri, yang direncanakan dapat digunakan pada tahun ajaran baru 2009/2010. Di tempat inilah para siswa-siswi melakukan kegiatan makan pagi, siang dan malam. Didalam asrama juga dilengkapi dengan sarana air mandi yang berlimpah. Untuk kesehariannya air mandi di-supply dari PDAM, namun demikian untuk mengatasi kondisi tertentu seperti musim kemarau, SMA TARUNA BUMI KHATULISTIWA juga siap mengolah air sendiri untuk keperluan tersebut. Penerangan yang cukup disetiap graha juga merupakan fasilitas yang penting bagi siswa-siswi untuk belajar malam, karenanya pihak sekolah juga menyiapkan sebuah genset untuk mengantisipasi bila terjadi pemadaman listrik dari PLN. Hal ini diprioritaskan oleh pihak yayasan, karena proses belajar tidak dapat ditunda dan dihentikan.
Di luar jam belajar di sekolah, para dewan guru secara profesional juga berkomitmen untuk selalu memberikan bimbingan di rumah-rumah dewan guru yang memang disediakan oleh pihak yayasan di dalam lingkungan sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa-siswi untuk mendapatkan tambahan materi pelajaran maupun memperdalam materi pelajaran di luar jam sekolah yang formal.
Pada setiap akhir pekan, di ruang makan SMA TARUNA BUMI KHATULISTIWA, siswa diberikan keleluasaan untuk merencanakan berbagai kegiatan/hiburan guna pengembangan kreativitas. Waktu-waktu seperti ini dianggap penting, agar para siswa-siswi tidak kehilangan dunianya. Di mana selama 6 hari penuh telah disibukkan dengan kegiatan belajar mengajar. Pada saat-saat tertentu di akhir pekan, siswa-siswi juga diberikan kesempatan untuk pesiar (hari libur pulang menginap di rumah masing-masing). Dengan kegiatan pesiar ini, diharapkan agar siswa-siswi tidak kehilangan pribadi, bahwa dirinya juga tetap harus berbakti kepada orang tuanya, yang juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk berlatih sosialisasi di luar lingkungan sekolah.
Yang pasti menyekolahkan anak di sekolah yang berasrama, jauh lebih aman bila dibandingkan anak bersekolah di sekolah yang tidak berasrama. Tentunya dalam hal pengawasan dan pembinaan kepribadian anak. Oleh karena itu, kami tunggu kedatangannya untuk mendaftarkan putra putri Bapak/Ibu di SMA TARUNA BUMI KHATULISTIWA PONTIANAK.



User Comments :

Silahkan mengisi komentar di bawah ini :

Nama :
Email :
Isi Komentar :
   

 

««Back