Pendidikan Dasar Kedisiplinan Dan Kepemimpinan SMA Taruna Bumi Khatulistiwa

Prosesi Pemasangan Baret Siswa

Setiap siswa baru SMA Taruna Bumi Khatulistiwa wajib mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan Siswa (PDKS). Demikian juga dengan siswa baru Angkatan Dua Puluh Lima tahun ajaran 2019-2020 ini. Sejumlah 125 siswa-siswi baru itu selama hampir satu bulan penuh mengikuti kegiatan tersebut dimulai pada hari Senin tanggal 8 Juli 2019 sampai dengan hari Rabu 7 Agustus 2019.

Selain telah melakukan proses belajar-mengajar pada pagi hari, pada sore dan malam hari mereka digembleng dengan berbagai macam kegiatan yang mempersiapkan mereka belajar di SMA ini, serta mempersiapkan diri menjadi  calon para pemimpin. Berbagai materi diberikan kepada siswa untuk menjadi bekal awal mereka dalam bersosialisasi dalam kehidupan asrama dan dalam masyarakat. Komisi Perlindungan Anak Indonesia Kabupaten Kubu Raya, BAPAS II Pontianak serta Unit PPA Polresta Pontianak, Direktorat Narkoba Polda Kalbar, memberikan materi yang berkenaaan dengan anak dalam perspektif satus dan perlindungan hukum atasnya.

Untuk dapat mengikuti pelajaran dengan baik, mengembangkan prestasi dan mengasah kehidupan dan kemampuaan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi, Tim Trusco Kalbar memberikan beberapa ulasan dan materi seperti, Paradigma Pelajar Sukses, Memupuk Sikap dan Mental Juara, Energi Cinta Ayah Bunda, Berani Bermimpi: Ini Impianku, Mana Impianmu, Anda Memiliki Otak Jenius, Speed Reading: Melaju Dengan Kekuatan Membaca, Magic Memory, Mind Mapping: Teknik Mencatat Tingkat Tinggi, Komunikasi, Sinergi: Membangun Spirit Kebersamaan.

Selain hal di atas, pengenalan lingkungan dan orientasi sekolah adalah hal yang wajib diikuti dan dimengerti. Oleh Pihak Sekolah serta guru-guru yang berpengalaman serta pamong yang bertanggung jawab, bersama-sama dengan siswa kelas 12 memperkenalkan semua aktivitas, organisasi sekolah dan seksi-seksi yang ada seperti, Pramuka, PMR, Polisi Taruna, OSIS, PATAKA, LKBB, UKS. Yang tidak kalah pentingnya adalah peraturan dan tata tertib kehidupan berasrama harus dipahami secara baik oleh setiap siswa, sehingga tujuan utama pendidikan dapat tercapai melalui proses yang aman, nyaman dan tertib serta teratur.

Salah seorang siswa penerima beasiswa masuk SMA Taruna Bumi Khatulistiwa, Wilda Nufaizah, yang termotivasi masuk sekolah ini untuk dapat mengembangkan kehidupan yang mandiri, disiplin dan punya jiwa leadership terkesan dengan satu bulan pendidikan PDKS ini. “Saya diajar untuk tidak malu, berani bicara di depan umum, mandiri, disiplin, percaya diri dan  semakin taat menjalankan ibadah. Bahkan bagaimana menghormati  dan menghargai mereka yang lebih tua, siapapun mereka entahkah karyawan, kakak kelas, guru, pamong, orang tua, juga ditekankan,” papar siswa Kelas X MIPA yang berasal dari SMPN 2 Sambas itu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*