Tentang Kami

SMA Taruna Bumi Khatulistiwa yang beroperasi sejak tahun 1995 merupakan sekolah plus yang menyediakan asrama di Propinsi Kalimantan Barat. Menempati lahan seluas 7 Ha yang memadai untuk pengembangan lebih lanjut, serta lokasi kampus yang sangat asri menciptakan suasana kelas yang sejuk, tenang, dan nyaman, karena terhindar dari polusi dan kebisingan kota. Jarak kampus ke kota Pontianak bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dan ditunjang dengan prasarana dan sarana transformasi yang sangat baik.

Untuk mencetak generasi penerus yang berkualitas dalam moral, spiritual, dan ilmu pengetahuan/ teknologi, dalam proses kegiatan belajar-mengajar SMA Taruna Bumi Khatulistiwa menekankan keunggulan siswa/i dalam hal:

  • Keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Wawasan ilmu pengetahuan /teknologi yang luas.
  • Motivasi dan komitmen untuk mencapai prestasi.
  • Disiplin yang tinggi dengan ditunjang kondisi fisik yang prima.
  • Nasionalisme dan patriotisme.
  • Kepekaan sosial dan kepemimpinan.

Untuk mencapai keunggulan diatas, SMA Taruna Bumi Khatulistiwa menetapkan kurikulum plus melalui pola belajar terpadu yang menekankan penguasaan iptek, bahasa Indonesia, bahasa asing, life skill (keterampilan penunjang karir). Siswa dibimbing dan diarahkan mulai pagi hingga petang baik perkelas maupun kelompok. Disamping mata pelajaran inti, siswa/i juga dibina untuk menguasai life skill seperti teknologi informasi, bahasa-bahasa asing secara intensif. Pembinaan rohani diberikan sesuai dengan agama yang dianut masing-masing siswa, melalui guru agama yang dianut siswa, juga ditunjuk guru yang ditugaskan meningkatkan iman dan taqwa siswa/i.

Sejarah di bidang prestasi pendidikan di Kalimantan Barat telah mencatat, segudang prestasi yang telah terukir dan ditancapkan sebagai tolak ukur bagi sekolah setingkat SMA di Kalimantan Barat oleh siswa/siswi SMA Taruna Bumi Khatulistiwa. Tahun 1997, siswi SMA Taruna Bumi Khatulistiwa telah membuktikan kepada insan pendidikan di Indonesia dengan menempatkan diri sebagai juara favorit pada Lomba Penulisan Dan Penyajian Makalah Remaja yang diselenggarakan oleh Depdikbud RI . Kemudian pada tahun yang sama, kembali siswa SMA Taruna Bumi Khatulistiwa berhasil mengantongi prestasi sebagai juara umum pada lomba Pemilihan Pangeran Buku Lontar Utama dalam rangka bulan buku nasional. Kemudian pada tahun tahun berikutnya  SMA Taruna Bumi Khatulistiwa senantiasa berhasil menorehkan tinta emasnya dalam sejarah prestasi pendidikan untuk Kalimantan Barat.